Selasa, 26 November 2013

Tugas Karangan Bahasa Indonesia

 -Teman Sekelas-

    Nama saya Ahmad Ram Dani, saya berkewarganegaraan Indonesia. Saya tinggal dan lahir di kota Jakarta 28 Februari 1993. Saya tinggal bersama kedua orang tua dan beragama Islam. Saya pernah bersekolah di TK islam An-Nizomiyah, SD islam An-Nizomiyah, SMP Yasporbi II, dan SMA 55 Jakarta. Saat ini saya adalah mahasiswa aktif di Universitas Gunadarma. Sebenarnya saya ingin kuliah bidang ekonomi. Orang tua saya menyarankan bila ingin mendalami ilmu ekonomi, maka kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. Dan pada akhirnya saya memilih kuliah jurusan Sistem Informasi.
   Sebelum membuat karangan ini saya mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga saya dapat menulis sebuah karangan ini. Karangan saya ini yaitu ingin menceritakan beberapa teman-teman kelas saya yaitu kelas 3KA22 yang sangat baik-baik dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan serta bersolidaritas tinggi. Bermacam-macam teman saya, teman pria dan wanita, ada yang berbadan pendek, tinggi, kulit putih dan hitam. Dimanapun mereka semua berkumpul dengan senang dan gembira, bercanda dan bergurau semuanya bisa kita dapatkan. Ada yang menceritakan pengalaman masa kecil, pengalaman semasa sekolah sampai perbuatan baik buruk yang pernah mereka lakukan semuanya berbaur menjadi satu.
   Didalam kelas mereka semua dapat serius memperhatikan dosen yang sedang menerangkan materi dan ada juga yang memilih untuk bermain game di handphone mereka. Disaat dosen memberikan tugas kelompok yang harus dirundingkan bersama mereka semua langsung menyatu bekerjasama mencari materi dan mengumpulkan semua ide-ide menjadi satu kecocokan sehingga dapat diambil kesimpulan bersama. Semua tugas bisa dengan cepat diselesaikan dan tidak telat untuk dikumpulkan.
   Disaat jam pelajaran selesai kita semua biasanya pergi mencari makan siang bersama setelah itu sholat berjamaah di mushola. Setelah sholat biasanya kita semua  berkumpul seperti sedang apel saat upacara bendera. Ada yang sambil makan makanan ringan, minum, makan buah seperti buah apel, jeruk, dan pisang. Ada yang mengobrol diluar dan ada juga yang mengerjakan tugas-tugas didalam kelas. Jika ada satu orang yang tidak mengerti maka semuanya bisa dengan senang hati membantu sampai dia benar-benar mengerti dan paham.
   Dan jika tidak ada dosen dan semua tugas telah selesai biasanya kita bercanda tawa didalam kelas. Pintu kelas ditutup rapat agar tidak mengganggu kelas lain. Terkadang teman-teman sekelas mengadakan rapat di kelas untuk membahas rencana liburan, kegiatan, serta diskusi tugas.  Jika dosen tidak dapat masuk kita meminta untuk mengganti jam pelajaran dihari berikutnya agar tidak ada materi yang tertinggal. Dan jika dosen tidak bias untuk mengganti hari kita meminta untuk mengerjakan v-class untuk menambah nilai tugas.
   Teman-teman yang biasanya selalu menghibur diantaranya seperti Muhammad Dwi Soekarno, dia orangnya sangat lucu dan suka menghibur. Dia suka menyanyi music-musik rock. Jika ada dia suasana yang sepi dan sunyi bisa seketika menjadi ramai dan banyak canda tawa yang keluar dari ekspresi teman-teman yang melihatnya. Semua topik bisa dijadikan bahan untuk lelucon. Yang selalu setia membantu adalah Diana Nur Amalina, dia orang nya pintar. Dia selalu menggunakan rok panjang bila kuliah. Dia sangat baik hati dan selalu siap membantu dikala teman butuh bantuan dan sedang kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas. Moto hidupnya yaitu ingin menjadi orang yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Zulharman maddani, dia orangnya baik dan suka menghibur. Zaenuri sofyan, orangnya baik dan kadang bila berbicara tidak sesuai dengan apa yang dipikirkannya. Ada juga Fikri Wardana, dia orangnya baik dan mau membantu teman yang meminta bantuannya. Dikelas dia sering bermain game disaat dosen sedang menerangkan. Meskipun sering bermain game tetapi IPK nya tidak mengecewakan 3,45
   Setelah semua jam pelajaran selesai dan sebelum pulang kerumah biasanya kita semua berkumpul kembali untuk bermain futsal,bermain bulu tangkis dan ada juga yang mengerjakan tugas-tugas seperti tugas laporan akhir laboratorium informasi yang diberikan setiap minggunya untuk menyatukan kembali rasa kebersamaan kita. Teman-teman saya kadang bermain dirumah saya. Mereka main gitar, diskusi tugas kelompok. Setelah itu teman saya makan buah manga yang tumbuh di halaman rumah tetangga.
   Sebelum UTS dan UAS biasanya kita bersama-sama mencari dan mempelajari soal-soal yang pernah dikeluarkan dosen di tahun-tahun sebelumnya kita pelajari bersama dan jika ada soal yang kurang jelas dan sulit dimengerti biasanya kita meminta beberapa teman utnuk menanyakan kepada dosen yang bersangkutan untuk meminta dijelaskan kembali dan jika sudah jelas mereka yang menanyakan akan menjelaskan kembali sampai semuanya mengerti. Hal seperti ini lah yang membuat kekompakan dan kedekatan kami semakin tumbuh.
   Tidak heran dengan semua nilai-nilai UTS dan UAS yang didapat terkadang tidak mengecewakan untuk semuanya. Jika masih ada nilai yang kurang maka sesegera mungkin kita semua meminta tugas untuk mendapatkan nilai tambahan. Setelah UAS biasanya kita sekelas mengadakan acara kumpul-kumpul dan jalan-jalan untuk liburan dan menjalin kekompakkan dengan mengunjungi suatu tempat wisata di dalam atau luar kota untuk merefresing segala pikiran selama UTS dan UAS berlangsung. Nilai UTS, UAS saya tidaklah terlalu buruk. Semester 4 lalu saya mendapat IPK 3.12, ada peningkatan sekitar 50% dari semester sebelumnya. Perasaan saya adalah kegembiraan dihati karena mengalami peningkatan.
   Kami semua berharap mahasiswa KA22 dapat lulus dengan hasil yang memuaskan tanpa ada teman yang tidak lulus. Karena selama ini kami kuliah bersama dan merasakan susah senang bersama-sama. Saya sangat mencintai teman-teman semua. Tanpa kalian, kuliah terasa sepi dan datar. Karena teman yang dapat saling membantu disaat kita semua membutuhkan pertolongan. Good Luck and thanks Friend’s.
Keterangan Diksi:
1.   a. Umum: Saat ini saya adalah mahasiswa aktif di Universitas Gunadarma
b. Khusus: Orang tua saya menyarankan bila ingin mendalami ilmu ekonomi, maka kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

2.   a. Antonim: Pria dan wanita, ada yang berbadan pendek, tinggi, kulit putih dan hitam, baik buruk.
b. Sinonim: Senang dan gembira, bercanda dan bergurau.

3.    a. Homograf: Setelah sholat biasanya kita semua  berkumpul seperti sedang apel saat upacara bendera. Ada yang sambil makan makanan ringan, minum, makan buah seperti buah apel, jeruk, dan pisang.
b. Homofon: Dia suka menyanyi music-musik rock. Dia selalu menggunakan rok panjang bila kuliah.
c. Homonim: Pintu kelas ditutup rapat agar tidak mengganggu kelas lain. Terkadang teman-teman sekelas mengadakan rapat di kelas untuk membahas rencana liburan, kegiatan, serta diskusi tugas.

4.    a. Denotasi: Setelah itu teman saya makan buah manga yang tumbuh di halaman rumah tetangga.
b. Konotasi: Hal seperti ini lah yang membuat kekompakan dan kedekatan kami semakin tumbuh.

5.   a. Abstrak: Perasaan saya adalah kegembiraan dihati karena mengalami peningkatan.
b. Konkrit: Semester 4 lalu saya mendapat IPK 3.12, ada peningkatan sekitar 50% dari semester sebelumnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar