Kamis, 28 Maret 2013

Bab 1. Ruang Lingkup Ekonomi

 1. Definisi Ekonomi

Ekonomi secara Bahasa berasal dari bahasa Yunani yaitu OIKOS dan NOMOS. OIKOS  berarti rumah tangga atau keluarga, sedangkan NOMOS berarti hokum atau aturan. Ekonomi secara umum sebagai aturan rumah tangga. Ekonomi merupakan ilmu sosial yang mempelajari kegiatan manusia yang berkaitan dengan konsumsi, distribusi, sampai produksi  barang dan jasa. Ilmu ekonomi juga merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan suatu kemakmuran.

Ada 3 hal pokok yang ada dalam perekonomian, yaitu:
1. Produksi
2. Konsumsi
3. Perdagangan

1.1    Metologi Ekonomi

Ekonomi sering disebut sebagai The queen of social sciences, ilmu ekonomi telah mengembangkan serangkaian metode kuantitatif untuk menganalisis fenomena ekonomi. Jan Tinbergen pada masa setelah Perang Dunia II merupakan salah satu pelopor utama ilmu ekonometri, yang mengkombinasikan matematika, statistik, dan teori ekonomi. Kubu lain dari metode kuantitatif dalam ilmu ekonomi adalah model General equilibrium (keseimbangan umum), yang menggunakan konsep aliran uang dalam masyarakat, dari satu agen ekonomi ke agen yang lain. Dua metode kuantitatif ini kemudian berkembang pesat hingga hampir semua makalah ekonomi sekarang menggunakan salah satu dari keduanya dalam analisisnya. Di lain pihak, metode kualitatif juga sama berkembangnya terutama didorong oleh keterbatasan metode kuantitatif dalam menjelaskan perilaku agen yang berubah-ubah.

2. Masalah Pokok Ekonomi
     Masalah pokok dalam ekonomi adalah masalah kelangkaan atau  kekurangan  sebagai akibat dari  ketidak  seimbangnya  antara  kebutuhan  masyarakat  yang  relatif  tidak  terbatas dengan  faktor-faktor produksi yang  tersedia dalam masyarakat yang  relatif  terbatas.
Masalah Pokok masalah ekonomi  terbagi menjadi tiga pokok permasalahan, yaitu: produksi, konsumsi dan distribusi.
1.    Produksi, menyangkut bagaiman cara usaha atau kegiatan mencipta atau menambah kegunaan suatu benda menjadi bernilai ekonomi.
2.    Konsumsi, menyangkut bagaimana cara usaha atau kegiatan menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu benda dalam pemuas kegitan manusia
3.    Distribusi, menyangkut kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen

3 . Macam Macam Sistem Perekonomian

     Sistem ekonomi adalah cara mengorganisasi seluruh aktivitas ekonomi, baik ekonomi rumah tangga negara atau pemerintah, maupun rumah tangga masyarakat atau swasta. Aktivitas ekonomi yang dimaksudkan di sini adalah kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat yang meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

 1. Sistem Ekonomi Tradisional
Sistem ekonomi yang sederhana, cara mendapatkan barang dengan barter , belum mengenal uang sebagai alat pembayaran, produksi dan distribusi terbentuk karena tradisi dan hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri/masyarakat.

 2. Sistem Ekonomi Kerakyatan
Sistem ekonomi yang digunakan di Indonesia bardasar atas demokrasi ekonomi, artinya produksi dikerjakan oleh semua masyarakat, dan untuk semua di bawah pimpinan atau pemilikan anggota masyarakat.

3. Sistem Ekonomi Liberal
Sistem ekonomi liberal adalah suatu sistem di mana negara memberi kebebasan kepada setiap orang untuk mengadakan kegiatan ekonomi.

 4. Sistem Ekonomi Sosialis/terpusat adalah sistem ekonomi di mana seluruh kebijakan perekonomian ditentukan oleh pemerintah sedangkan masyarakat hanya menjalankan peraturan yang ditentukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar